Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Kelompok 1 FISIP Universitas Djuanda (UNIDA) terapkan media pembelajaran interaktif di PAUD Nusa Indah pada Kamis – Jumat (25-26/7/2024). Pembelajaran ini bertujuan untuk bantu meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik siswa sejak dini.

Tentunya pembelajaran interaktif tidak hanya berfokus pada 1 kegiatan saja, melainkan berbagai kegiatan mulai dari pembuatan origami, puzzle buah-buahan, dan mewarnai sederhana.

Riza Setiawan Ketua KKN-T Kelompok 1 FISIP UNIDA menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk implementasi ilmu komunikasi di masyarakat.

“Semua media kami sesuaikan dengan _background_ anak-anak yang memang menyukai permainan, warna-warna dan berusaha mengeksplor sesuatu. Hal ini disesuaikan dengan tujuan PAUD yang setara dengan kelompok bermain. Maka dari itu, kami senang melihat teman-teman antusias mengikuti pembelajaran dari kami,” jelas Riza.

Kepala PAUD Nusa Indah Batulayang Acep Suparman mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan pembelajaran ini bisa membuat para siswa semakin termotivasi untuk datang ke sekolah.

“Saya sangat berterima kasih kepada para mahasiswa yang telah berbagi ilmunya kepada kita. Karena pada dasarnya hal yang menjadi tantangan mengajar adalah kesulitan pada media pembelajaran yang cocok dengan anak seusia mereka. Semoga model pembelajaran seperti ini bisa menjadi dorongan siswa untuk selalu semangat belajar dan dorongan bagi kami untuk terus berinovasi,” sambungnya.

Salah satu siswa PAUD, Hafiz mengungkapkan rasa senangnya bisa belajar sambil bermain di sekolah.

“Aku paling suka bikin origami dan main game tebak gaya. Makasih ya kakak-kakak, aku hari ini senang sekali,” ucap Hafiz.

Tak hanya itu, sebagai bentuk apresiasi untuk PAUD Nusa Indah, mahasiswa KKN-T Kelompok 1 FISIP UNIDA juga memberikan poster pengenalan hewan, tumbuhan dan binatang supaya mempermudah siswa PAUD belajar mengenal lingkungan. (adi/*)

 

Tags: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (Unida)Kepala PAUD Nusa Indah Batulayang Acep SuparmanRiza Setiawan Ketua KKN-T Kelompok 1 FISIP UNIDA