Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Kelompok 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) telah menggelar program SABER (Safari Belajar) bersama siswa kelas 1 SDN Batulayang pada Senin-Selasa (29-30/7/2024). Program ini dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh 152 anak-anak usia 7 tahun.

Program SABER (Safari Belajar) dimaksudkan bahwa siswa dapat belajar huruf dengan menjelajahi beberapa media pembelajaran visual yang menarik. Selain itu, mahasiswa juga mengimplementasikan media belajar berbasis komunikasi untuk minat belajar seperti permainan edukatif, melengkapi kata, dan bernyanyi. Riza Setiawan ketua KKN-T Kelompok 1 FISIP UNIDA menyampaikan pentingnya membaca dan menulis sebagai bagian dari program calistung.

"Kami menyadari bahwa tingkat SD merupakan masa transisi dari PAUD atau TK. Kami juga menyesuaikan dengan kurikulum merdeka mengenai calistung. Namun, kami hanya berfokus pada kegiatan membaca dan menulis saja dengan menggunakan media interaktif seperti menyusun huruf, kata menebak hewan dan menulis nama. Metode ini dirasa tepat karena rata-rata manusia lebih mudah paham jika menggunakan visual terlebih lagi anak kecil," jelasnya.

Kepala Sekolah SDN Batulayang Abdul Latif menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan program ini.

"Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah membantu mengajar di sekolah kami. Pada dasarnya yang menjadi tantangan mengajar adalah kesulitan pada media pembelajaran yang cocok untuk anak sekolah dasar khususnya siswa kelas satu. Semoga model pembelajaran yang telah disampaikan mahasiswa bisa mendorong para guru disini untuk terus berinovasi dan memotivasi siswa untuk selalu semangat belajar," tegasnya.

Salah satu siswa kelas 1 SDN Batulayang, Edo mengungkapkan rasa senangnya bisa belajar sambil bermain di sekolah.

"Aku paling suka belajar melengkapi kata dan mencari objek hewan. Makasih ya kakak-kakak belajar hari ini seru sekali," ucap Edo.

Kegiatan ini ditutup dengan bermain games "Temukan Aku" yang dimainkan secara bersama-sama dan memberikan apresiasi kepada para siswa.