Dalam upaya meningkatkan literasi di kalangan siswa, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) mengadakan program membaca dan bercerita di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cisarua 02 yang digelar pada hari Kamis (1/7/2024). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh para siswa-siswi, guru, mahasiswa KKN, serta dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKN.

Kegiatan membaca dan bercerita kali ini mengusung tema “Gemar Membaca Untuk Generasi Emas” yang disingkat GEMAS bertujuan untuk membangkitkan minat baca anak serta meningkatkan kemampuan membaca dan bercerita para siswa-siswi SDN Cisarua 02.

Koordinator Program, Eneng Fatimah, menjelaskan bahwa kegiatan ini dirancang untuk membuat siswa lebih mencintai buku.

"Kami ingin menanamkan kecintaan terhadap membaca sejak dini. Dengan cara yang menyenangkan, kami harap anak-anak dapat lebih tertarik untuk membaca," ujarnya.

Sementara itu, Koesworo Setiawan, S.Sos., M.IK. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan kegiatan penting karena dapat memberikan kesempatan langsung kepada para siswa untuk membaca dan bercerita, bersamaan dengan mendatangkan langsung perpustakaan keliling.

"Kebutuhan untuk bisa membaca itu sangat urgent di era sekarang karena didominasi oleh gadget yang sudah sedemikian penetratif. Gadget itu sifatnya impulsif karena hanya memberikan pengetahuan sesaat, dan orang-orang cenderung untuk mengkonsumsi informasi-informasi yang  sifatnya ringan, lemah secara verifikasi dan subtansi sehingga tidak membangun wawasan guna membangun karakter. Oleh karena itu kita perlu kegiatan seperti ini untuk bisa lebih mendalami dan memberikan wawasan kepada anak-anak," ujar Koesworo.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SDN Cisarua 02, Sri Suryaningsih, S.Pd.SD  menyambut baik inisiatif ini. "Program membaca dan bercerita ini sangat bermanfaat bagi siswa kami. Kami berterima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk mendukung pendidikan di sekolah kami,” katanya.

Menurut Zakky selaku peserta GEMAS, kegiatan tersebut sangat menyenangkan karena dapat meningkatkan minat baca anak-anak sekolah dan ada banyak nilai-nilai yang dapat diambil.

"Seru banget bikin kita tertarik untuk baca buku, apalagi cerita yang dibawakan membuat kita banyak belajar," ujar Zakky.

Kegiatan ini berlangsung dengan melibatkan berbagai aktivitas menarik, seperti membaca buku cerita oleh mahasiswa, diikuti dengan sesi diskusi interaktif. Para siswa-siswi diajak untuk berpartisipasi aktif dengan menceritakan kembali isi buku yang telah dibaca, sehingga mereka dapat melatih kemampuan berbicara depan umum.

Melalui program ini, diharapkan literasi siswa SDN Cisarua 02 dapat meningkat, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan pendidikan di masa depan. Kegiatan ini juga menjadi langkah awal untuk membangun budaya membaca yang kuat di kalangan anak-anak.