Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) Tahun Angkatan 2020 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan seluruh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMPRODI) FISIP, dengan tema "Restorasi Cerita dengan Prakarsa Pemimpin Muda Karya Raya" yang dilaksanakan pada hari jum'at 29 Oktober 2021 s/d 30 Oktober 2021, adanya kegiatan LDKM tersebut dilaksanakan secara luring yang bertempat di Villa Zaitun, Cisarua-Bogor.

LDKM adalah sebuah kegiatan dimana mahasiswa dilatih bagaimana caranya menjadi seorang pemimpin dan dilatih bagaimana cara mengambil keputusan terbaik bagi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi serta bertindak adil. LDKM ini digunakan sebagai bentuk pengenalan lingkungan keorganisasian dalam Lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda. LDKM FISIP UNIDA 2020 merupakan kegiatan yang difokuskan pada aktivitas-aktivitas pelatihan yang diharapkan dapat meningkatkan kadar intelektualitas dengan tujuan mencetak para pemimpin yang memiliki keberanian, good rhetoric, self confidence, problem solver dan time management. Tujuan dari LDKM ini yaitu, Silahturahmi, Mengasah akademink mauoun non akademik, dan yang terakhir yaitu keorganisasian.

Adapun rangkaian kegiatannya terdiri dari pemberian materi dengan tema "Tantangan Kepemimpinan dalam Organisasi di era Pandemi Covid-19", lalu dilanjutkan lomba debat, pengenalan ORMAWA FISIP, apresiasi seni, (senam pagi) dan simulasi Aksi.

Selain itu terdapat juga sambutan secara singkat yang disampaikan oleh : 

Dekan FISIP yang mengamanatkan bahwa "semoga acaranya berjalan dengan baik dan selalu menjaga protokol kesehatan, Sambutan yang ke II disampaikan oleh Wakil dekan I sekaligus mewakili dari Prodi Ilmu Administrasi yang menyampaikan bahwa "diharapkan kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik supaya kedepannya mahasiswa dapat mengaktualisasikan diri menjadi seorang pemimpin karna setiap orang memiliki jiwa kepemimpinan", Sambutan yang ke III disampaikan oleh Wakil dekan III yang mengamanatkan bahwa "LDKM ini merupakan suatu kegiatan yang dapat menjadikan suatu dasar untuk melanjutkan estafet kepemimpinan minimal di tingkat fakultas dan universitas", kemudian sambutan yang terakhir disampaikan oleh Kaprodi Sains Komunikasi yang menyampaikan bahwa "ssetiap diri kita adalah seorang pemimpin maka dengan adanya LDKM ini kita dapat menunjukan pemimpin yang mempunyai karakter yang baik"

Dhafa Farchan Fauzan (Ketuplak LDKM 2020); Yang terhormat bapak Dekan fisip univeraitas Djuanda, Yang terhormat wakil dekan 123 Fisip Universitas Djuanda, Yang kami hormati Dosen dan staff fisip universitas djuanda, Serta panitia dan peserta LDKM 2021 yang berbahagia, Syukur Alhamdulillah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah swt, karena atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul bersama untuk mengadakan acara LDKM 2021 ini.

LDKM 2021 ini merupakan program fakultas yang diprakarsai oleh KM FISIP UNIDA. Untuk kegiatan pelaksanaanya tepat pada hari ini dan hari esok 29-30 oktober dengan mengusung tema "Restorasi cerita dengan prakarsa pemimpin muda karya raya" yang akan diikuti oleh 108 Mahasiswa Baru dan 53 panitia yang akan mengikuti acara ini.  Dan untuk kegiatan LDKM 2021 ini kita kolerasikan dengan program kaderisasi. Pada akhirnya atas nama panitia , kami ucapkan terima kasih.

Kemudian terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh:

Materi pertama, yang diberikan oleh Muhammad Badrul Kamal S.Ap dengan tema "Tantangan Kepemimpinan dalam Organisasi di era Pandemi Covid-19" dijelaskan bahwa tantangan kepemimpinan dalam organasasi di era pandemi Covid-19 diantaranya adanya pembatasan sosial mengakibatkan rencana tertunda dan organisasi dipaksakan beradaptasi cepat dengan teknologi. Maka solusinya adalah menciptakan budaya organisasi, mengoptimalkan media sosial, bersinergi dan berkolaborasi, mengoptimalkan data dan kolaborasi.

Materi kedua Simulasi aksi yang dibimbing oleh Sandi Maftuh S.Ap dimulai dengan pemaparan materi mengenai aksi dan bagaimana aksi dilakukan. Setelah itu, simulasi aksi dilakukan secara langsung supaya mahasiswa FISIP 2020 dapat merasakan secara langsung dan dapat mengetahui bagaimana manajemen aksi dengan baik.

Setelah selesainya kegiatan LDKM 2020 maka terdapat beberapa pendapat tentang jalannya kegiatan tersebut yang di sampaikan oleh peserta dan panitia, diantaranya:

Perkenalkan nama saya Muhammad Qopal Hidayat Prodi Administrasi Publik Semester 3 dan juga peserta LDKM 2020, Disini saya akan memarkan pengalaman dan memberikan pendapat saya ketika mengikuti LDKM 2020. Banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapat ketika mengikuti LDKM, pengalaman yang sulit dilupakan dan ilmu yang amat penting sekali. Senang, Sedih, Canda, Tawa, semuanya menjadi satu ketika saya mengikuti acara LDKM tersebut. 

Selanjutnya disampaikan oleh 

Dhafa Farchan Fauzan (Ketuplak LDKM 2020)

 Mengenai kegiatan LDKM 2021 ini merupakan program fakultas yang di prakarsai oleh KM FISIP. untuk kegiatan pelaksanaan nya  di tahun ini itu berjalan selama kurang lebih 2 hari 1 malam per tanggal 29-30 Oktober dengan mengusung tema "RETORASI CERITA DENGAN PRAKARSA PEMIMPIN MUDA KARYA RAYA" Dibalik cerita mengapa mengambil tema ini terinspirasi dari keadaan dan antusiasme mahasiswa fisip yang dimana kebanyakan mahasiswa fisip saat ini tidak sepenuhnya memiliki jiwa yang peka terhadap isu sosial dan hal² politik yang mungkin secara gambarannya bahwa marwah dari mahasiswa fisip itu sedikit memudar.Restorasi dalam hal ini memiliki arti pemulihan kembali ke keadaan seperti semula jika dilihat dari antusias yang bagus dari mahasiswa fisip angkatan 2020 yang menjadi peserta ini merupakan target utama dari restorasi ini. Dan untuk kegiatan LDKM 2021 ini kita kolerasikan dengan program KADERISASI dari Ormawa fisip yang untuk rancangan kegiatannya peserta diberikan materi sebelum pelaksanaan LDKM 2021 lalu dipraktikkan di kegiatan ini karena konsep yang dibuat oleh kami panitia yaitu memperbanyak praktek lapangan untuk merelevansi materi yang sudah mereka dapati sebelumnya yang diharapkan dari materi dan praktek yang sudah dilakukan bisa menghasilkan sebuah dampak positif untuk Fisip itu sendiri berupa tindakan inisiatif yang mampu dijadikan cerita dan dampak setelah mereka mengikuti seluruh rancangan kegiatan KADERISASI DAN LDKM ini.

Adapun harapan output dari kegiatan LDKM 2020 ini disampaikan oleh Muhamad Rivki Abduloh (Stering Comite) "Alhamdulillah pada tanggal 29-30 oktober kami telah melaksanakan kegiatan LDKM FISIP untuk angkatan 2020, pada LDKM FISIP kali ini harapan saya adalah mahasiswa fisip dapat terlihat sesuai dengan background nya yaitu sebagai mahasiswa yang peka terhadap sosial dan tajam terhadap politik sesuai dengan nama fakultas nya yaitu fakultas ilmu sosial dan ilmu politik".